Jakarta – Tim Media AMPM mempresentasikan personal branding
sosok Anis Matta yang digadang-gadang sebagai calon presiden Indonesia
dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di hadapan ratusan peserta acara Election Update bertema “PKS Di Mana-Mana, Di Mana-Mana PKS” pada Selasa (18/2), di Hotel Kartika Chandra, Jakarta.
Dari hasil survey dan focus group discussion
(FGD), masyarakat punya penilaian tersendiri terhadap sosok Anis Matta.
Masyarakat berpendapat bahwa Anis Matta merupakan sosok muda yang
energik dan humble. Beliau juga dikenal sebagai sosok yang murah senyum, optimis, dan punya intelektualitas yang tinggi.
“Tentang Anis Matta sebagai sosok muda,
ini menarik. Kenyataannya memang begitu, Anis Matta merupakan sosok
termuda di antara pemimpin partai yang berpotensi maju ke bursa
pencalonan presiden di pemilu 2014. Ketua partai yang lain sudah di atas
60 tahun,” jelas salah seorang Tim Media AMPM, yang disambut tawa
peserta.
Selain muda, Anis Matta juga punya
diferensiasi yang jelas terhadap kandidat lainnya. Di mata masyarakat,
Anis Matta merupakan sosok yang energik, punya senyum yang tulus, dan
ramah. Uniknya, Anis Matta juga dikenal sebagai sosok yang humoris dan
penuh cinta.
Kemudian Tim Media AMPM menjelaskan tentang branding
sosok Anis Matta. “Masyarakat menginginkan pemimpin yang tegas, yang
dapat mendatangkan kepastian dan keadaan yang teratur. Kami mencari
sesuatu yang dapat mewakili itu semua. Jawaban dari itu semua adalah
‘waktu’,” ungkapnya.
“Dalam sistem waktu, kita mengenal
pembagian siang dan malam. Pergantian waktu itu merupakan sesuatu yang
pasti. Ditambah lagi, Indonesia pasti berganti presiden di pemilu 2014.
Keadaan ini kami hubungkan dengan sosok Anis Matta, maka didapat istilah
AMPM,” lanjutnya.
Dalam sistem waktu, memang dikenal istilah Ante Meridian (AM) sebagai penunjuk waktu pukul 00.00-11.59 dan Post Meridian
(PM) sebagai penunjuk waktu pukul 12.00-23.59. “Ketika dihubungkan
dengan sosok Anis Matta, AMPM itu bisa berarti ‘Anis Matta Pemimpin
Muda’, ‘Anis Matta Pelayan Masyarakat’, atau ungkapan positif lainnya.
Bahkan, kalau dihubungkan dengan PKS, AMPM bisa berbunyi ‘Anda Meminta
PKS Melayani’,” ucanya, yang berbuah gemuruh tepuk tangan peserta.
Kemudian Tim Media AMPM menerangkan
tentang desain, “Desain logo kita buat melengkung dan memakai huruf
kecil. Itu untuk menunjukkan sosok Anis Matta yang humble dan tidak
berjarak dengan rakyat. Setiap kunjungan ke daerah, Anis Matta memang
sangat dekat dengan masyarakat.”
Tim Media AMPM lalu membahas tentang
logo secara lebih mendalam. “Pada logo AMPM, di huruf ‘M’ yang
bergandengan dengan huruf ‘A’, garis melengkungnya berwarna kuning. Ini
mengakomodasi pemikiran Anis Matta tentang pembagian sejarah Indonesia
dalam tiga gelombang. Lengkungan pertama mewakili ‘Gelombang Pertama’
atau ‘Gelombang Menjadi Indonesia’, lengkungan kedua mewakili ‘gelombang
Kedua’ atau ‘Gelombang Menjadi Negara-Bangsa Modern’, dan ada garis
melengkung berwarna kuning yang ketiga di ujung hurum M, itu mewaikili
‘Gelombang Ketiga’. Memang garisnya pendek, itu sesuai kata Anis Matta
bahwa indonesia saat ini baru memasuki gelombang ketiga. Masih awal,
jadi garisnya pendek,” pungkasnya.
0 komentar:
Post a Comment