Monday 2 March 2015

Siapkan Kader Tanggap Bencana, PKS Bandar Lampung Gelar Pendidikan Dasar


Peserta pelatihan dasar tanggap bencana sedang menerima materi tali temali

Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kota Bandar Lampung menggelar pelatihan dasar tanggap bencana bagi kader. Pelatihan dilaksanakan di Kelurahan Batuputu, Telukbetung Barat, selama tiga hari, 27 Februari sampai 1 Maret. Sebanyak 100-an kader muda PKS mengikuti kegiatan ini.

Ketua Bidang Kepemudaan dan Olahraga DPD PKS Bandar Lampung Widarto mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan. “Kader PKS mendapat pelatihan dasar bagaimana menangani bencana yang terjadi tiba-tiba,” kata dia.
Pelatihan ini, kata mantan anggota DPRD Bandar Lampung ini, menggabungkan dua hal.  “Pertama ketahanan fisik kader, kedua keterampilan dalam menangani bencana,” ujarnya.

Widarto berharap, dengan pelatihan dasar ini, kader PKS siap diterjunkan di mana saja ketika terjadi bencana dan membantu melakukan penanganan,” kata Widarto.

Sementara itu Pejabat Ketua DPD PKS Bandar Lampung Aep Saripudin dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan PKS Bandar Lampung berencana membuat tim siaga bencana di setiap kecamatan. Sehingga, saat bencana terjadi, tim PKS yang ada di kecamatan bisa langsung melakukan aksi cepat tanggap.

 “Mereka dididik agar antisipatif terhadap bencana. Mereka juga mesti tahu apa yang dilakukan jika bencana terjadi,” kata Aep.

Alumnus Fakultas Pertanian Universitas Lampung ini menambahkan, peserta dalam pelatihan mendapatkan materi baris-berbaris untuk melatih kedisiplinan dan kerapian. Lalu ada materi Penanggulangan Pertama pada Musibah (P3M).

“Terakhir peserta longmarch sebagai latihan ketahanan fisik. Selain ketahanan fisik, peserta juga diwajibkan menjaga salat berjamaah lima waktu, baca Alquran minimal 1 juz per hari dan tahajud,” kata dia.

0 komentar:

Post a Comment